oleh

Represifitas Polisi Atas Instruksi Siapa?

Represifitas Polisi Atas Instruksi Siapa? Oleh: Malika Dwi AnaPengamat Sosial Politik

Tindakan represif polisi itu berkaitan dengan pemberi perintah. Pertanyaannya, siapa atasan Kapolri?

Analoginya, ikan itu membusuk mulai dari kepalanya dulu. Maka jangan DENIAL….

Menganggap semua penciri orde baru yang represif ini tidak ada kaitannya dengan istana. Militerisme di Papua, hasrat mengebiri KPK, memberikan kekuasan negara masuk ke dalam kamar tidur, membela pengusaha dan bukannya pekerja. Salahin saja DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia). Cuci itu bekas tangan rezim.

Semua RUU (Rancangan Undang-undang) itu dibahas bersama pemerintah; eksekutif, legislatif dan yudikatif.
Pengertian pemerintah adalah sekelompok orang atau organisasi yang diberikan kekuasaan untuk memerintah serta memiliki kewenangan dalam membuat kebijakan dan menerapkan hukum atau undang-undang di wilayah dan waktu tertentu.

Dalam arti luas, definisi pemerintah adalah semua aparatur negara (Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif) yang bertugas untuk menjalankan sistem pemerintahan. Sedangkan pengertian pemerintah dalam arti sempit adalah hanya badan eksekutif saja. Jadi presiden termasuk di dalamnya karena dia adalah bagian dari badan eksekutif negara.

Jika Undang-Undangnya beraroma orde baru (represif), maka yang akan menikmati ‘tangan besi’ itu utamanya ya pemerintah. Jangan menutup mata atas realitas ini..

Satu hal, “No one is above the law….” ada issue IMPEACHMENT di Amrik. Di Indonesia? Mbuh…

Loading...

Baca Juga