oleh

Hanya di Desa Kampung Baru, 90 Persen Perangkat Desanya Perempuan

SUARAMERDEKA.ID – Dari 13 desa yang ada di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, desa Kampung Baru bisa dibilang istimewa. Dari 10 orang perangkat desa, 90 persennya adalah perempuan. Hanya Kepala Urusan Pembangunan saja yang laki-laki.

Jumpal komposisi perangkat desa ini dibenarkan oleh Kepala Desa Kampung Baru Sahid. Kepala desa 2 periode ini menjelaskan tidak ada masalah dengan susunan “kabinet desa” yang dipimpinnya. Ia merasa tidak ada yang istimewa dengan susunan “kabinet emak-emak”, semua berjalan dengan lancar.

“Biasa saja, tidak ada yang istimewa dan tidak ada masalah. Artinya apa yang menjadi proritas di desa itulah yang paling diutamakan. Karena setiap ada kepentingan warga masyarakat tadi, semaksimal pihak desa selalu memperhatikannya,” kata Sahid, Selasa (20/8/2019).

Baca Juga :  Danrem 101 Antasari Pimpin Upacara Penutupan TMMD Ke-105

Sahid mengaku keberadaan 9 perempuan dari 10 perangkat desa ini justru memverikan dampak positif bagi pelayanan terhadap masyarakat. Ia mengaku perangkat desa laki-laki cenderung lebih susah berada di kantor dibanding perangkat desa perempuan.

“Dulu sewaktu perangkat desanya banyak laki-laki, mereka sering tidak ada di kantor. Sekarang justru lebih tertib. Kondisi kantor desa Kampung Baru juga lebih bersih dan tertata. Maklumlah, perempuan kan lebih rapi,” kata Sahid.

Salah seorang warga desa, Herlinda juga membenarkan keberadaan perangkat desa perempuan justru membuat pelayanan lebih cepat.

“Semua gampang ditemui. Urusan apapun cepat selesai,” kata Herlinda. (BDN)

Loading...

Baca Juga