oleh

Ada Bahaya Yang Mengintai Pada Rice Cooker

SUARAMERDEKA.ID – Menjelang Hari Raya penggunaan rice cooker akan semakin meningkat. Bukan hanya kebutuhan makanan harian, tapi juga sajian yang memang disiapkan untuk Lebaran. Namun, kesibukan memasak jangan sampai mengesampingkan kesehatan dan kenyamanan, apalagi untuk keluarga tercinta.

Saat ini, rice cooker yang sudah mampu mengolah makanan selain beras. Sepintas aman-aman saja jika digunakan sehari-hari. Namun, ternyata ada bahaya mengintai di dalam proses pengolahannya.

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menggunakan perlengkapan masak seperti rice cooker dan penggorengan yang memakai pelapis antilengket/non stick material. Lapisan ini membuat pengguna merasa nyaman karena makanan tidak ada yang menempel pada permukaan alat, dan mudah dibersihkan.

Namun lapisan anti lengket ini juga mengandung zat kimia asam perfluorooctanoic (PFOA) yang diduga memiliki dampak buruk bagi kesehatan seperti gangguan tiroid, penyakit ginjal kronis, penyakit hati dan bahkan bersifat karsiogenik yang dapat memicu kanker. Hal ini terjadi jika lapisan tersebut terkelupas dan bercampur dengan makanan setelah terpapar panas tinggi.

Cosmos memperkenalkan teknologi Harmond, yaitu teknologi antigores pada innerpan (panci). Dengan teknologi pemrosesan khusus yang membuat innerpan melewati proses pendinginan sampai mendekati suhu 0° C, menjadikan lapisan permukaan innerpan kuat dan anti gores, tidak mengelupas, tahan lama, serta tentunya lebih sehat.

“Kami mempersembahkan Rice Cooker Harmond untuk keluarga Indonesia. Karena kami perduli akan kesehatan, sekaligus sebagai bukti bahwa kami tetap konsisten selama 43 tahun melakukan inovasi terus menerus untuk meningkatkan taraf hidup kita semua,” ujar Dharma Surjaputra, Marketing Director, PT Star Cosmos, dalam pernyataannya, Rabu (29/5/2019),

Menurut Dharma Surjaputra, Rice Cooker Harmond sudah melewati banyak uji coba untuk membuktikan kualitas lapisan innerpan-nya. Salah satu buktinya adalah, lapisan panci Rice Cooker Harmond tidak bisa terkelupas atau tergores meski sudah disikat dengan menggunakan sikat besi atau baja. Sehingga bila tidak bisa tergores, sudah pasti tidak ada lapisan yang terkelupas saat masak dan tercampur bersama nasi.

Selain itu, Dharma Surjaputra juga memberikan tips menanak nasi yang sehat.

“Aduklah nasi sesudah matang, agar uap air dapat merata sehingga tidak menyebabkan nasi kering. Usahakan rice cooker tidak tersambung listrik terus-menerus. Biasakan untuk memanaskan nasi 15 menit sebelum dimakan untuk menjaga nutrisi nasi,” tutur Dharma Surjaputra. (AMN)

Loading...

Baca Juga