oleh

Ini Jawaban Jokowi Kenapa Tidak Mau Pakai Helikopter Saat Kunjungan Ke Lampung

SUARAMERDEKA.ID – Istana mengungkapkan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menggunakan helikopter saat meninjau jalan rusak di Lampung. Jokowi ingin merasakan langsung kondisi jalan di Lampung.

“Presiden ditawari heli itu justru balik bertanya, ‘Kalau saya naik heli, bagaimana saya bisa merasakan jalanan yang rusak?’,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, menirukan pernyataan Jokowi seperti dalam keterangan kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

Bey menjelaskan Jokowi langsung menolak begitu mendengar penjelasan dirinya akan memakai helikopter. Jokowi memilih menggunakan mobil.

“Waktu mendengar akan memakai heli itu, ‘Nggak usah, nggak usah pakai heli, saya naik mobil saja’,” ujar Bey.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi meninjau jalan rusak di Lampung siang tadi. Berdasarkan video yang dibagikan fotografer kepresidenan, Agus Suparto, mobil Jokowi melaju dengan kecepatan rendah karena kondisi jalan yang rusak parah. Jalanan tersebut tidak beraspal dan banyak lubang di berbagai sisinya. Beberapa lubang bahkan terlihat tergenang air.

Baca Juga :  Panglima TNI dan Kapolri Sidak PPKM di Tiga Lokasi DKI Jakarta

Sopir harus mengemudikan mobil kepresidenan secara zigzag di jalanan tersebut. Mobil bergerak ke kiri dan ke kanan untuk melewati jalan yang lebih bisa dilintasi.

Titik jalan pertama yang ditinjau Jokowi itu adalah Jalan Terusan Ryacudu, Kabupaten Lampung Selatan. Jokowi duduk ditemani oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas).

Sejumlah warga juga terlihat berada di pinggir jalan. Mereka menyambut kedatangan Jokowi yang meninjau jalan rusak di Lampung setelah ramai dibahas di media sosial.

Titik selanjutnya yang dikunjungi Jokowi adalah Jalan Seputih Rahman. Jokowi menemukan jalan yang sudah diperbaiki sementara oleh pasir dan batu.

Momen Jokowi meninjau jalan di Lampung itu terlihat dalam video yang dibagikan oleh fotografer kepresidenan, Agus Suparto. Jokowi awalnya berjalan dan bertanya ke warga yang menunggunya di pinggir jalan.

Baca Juga :  Red Island Gandrung Surf Competition Banyuwangi Diikuti Puluhan Surfer Muda se-Nusantara

“Ini batu dan pasir dari kapan?” tanya Jokowi ke warga.

“Dua hari yang lalu,” ujar Jokowi mengulangi pernyataan warga sambil tersenyum.

Jokowi kemudian berjalan menuju ke arah mobil. Pada saat bersamaan, Jokowi mendengar teriakan warga, Jokowi pun menjawabnya.

“Kita perbaiki,” Ujar Jokowi. (RED)

Sumber: detik.com

Loading...