oleh

“Keren” Pakis Kejar Pajak PBB Perkotaan tembus Urutan 3 Besar

SUARAMERDEKA.ID – Kelurahan Pakis salah satu kelurahan dari 18 kelurahan se kecamatan Banyuwanngi terletak di Ujung Selatan, perbatasan dengan Desa Kalirejo kecamatan Kabat, puluhan tahun / dari tahun ke tahun baru tahun 2022 pajak PBB perkotaan masuk urutan tiga se kecamatan Banyuwanngi, atau urutan ke lima dari kelurahan se Kabupaten.

Ingat Pakis ingat pantai Cemara nan asri tempat wisata keluarga, sejak putaran gerbong mutasi akhir tahun 2021 kemarin kelurahan Pakis memilik lurah, sekretaris kelurahan (Sekel), kasi ( kepala seksi) difinitif yang sebelumnya lama jabatan lurah di emban pejabat pelaksana tugas (Plt), tanpa di bantu Sekel dan kasi – kasi faktor belum terisi.

Sekretaris kelurahan Pakis, Fathor Roji selaku motor penagihan pajak dengan jumlah baku pajak PBB perkotaan kelurahan Pakis sejumlah 233.057.916 juta rupiah, dari 2.203 SPPT yang distribusi Bapenda (d/h. Dispenda) pada wajib pajak (WP) bulan februari 2022, di bulan Juni masuk urutan tiga besar.

Fathor Roji mengatakan kalau kelurahan Pakis identik dengan wisata Pantai Cemara yang tidak asing bagi wisata loka atau domistik , kini kesadaran masyarakat sebagai wajib pajak (WP) perkotaan lebih tinggi, dan terlihat capaian prosentase atau urutan pajak PBB perkotaan meroket dari urutan ke 17 – 16 se kecamatan, kini posisi urutan di nomor tiga.

Baca Juga :  Adminduk Banyuwangi Konsolidasi dengan Operator Desa dan Kecamatan, Perkuat Layanan

” Iya, saya akui, sebelum saya jadi Sekel Pakis, saya mengemban tugas di Bapenda (d/h. Dispenda). Masuk kelurahan Pakis bersama sama pak lurah dan dua Kasi, yang sebelumnya lurah pakis di jabat lurah pelaksana tugas (Plt), tanpa ada Sekel dan kasi – kasi. Jadi Plt. Lurah pakis sebelumnya kerja sendiri dan tanpa ada pejabat eselon, kecuali staf dan tenaga harian lepas (THL).

Alhamdulillah sekarang Kelurahan Pakis perangkat pejabatnya sudah lengkap dan pelayanan masyarakat bisa teratasi dengan tugas pokok dan pungsi (Tupoksi) masing-masing.” kata Fathor, sapaan akrab Sekel Pakis, Fathor Roji.

Masih menurut Fathor, Kelurahan Pakis ini kelurahan besar, termasuk kelurahan Penganjuran. Di era Bupati Banyuwangi Samsul Hadi, inshaallah tahun 2002 kecamatan Banyuwanngi dengan 16 kelurahan menjadi 18 kelurahan, atas pecahnya kelurahan Pakis sisi timur jalan raya, dan kelurahan Sumberrejo sisi barat jalan raya. Hal yang sama juga kelurahan Penganjuran sisi timur jalan raya dan Taman Baru sisi barat jalan raya.

Baca Juga :  Ananda: Bawaslu Harus Mengawasi Dari Oknum Serta Lembaga Politik

Data yang terlihat untuk pajak PBB perkotaan kelurahan pakis sejak sebelum pecah dengan kelurahan Sumberrejo dalam nominasi urutan terbawah, antaranya urutan 17 – 16 – 15. Alhamdulillah di tahun 2022 kelurahan Pakis sudah ada di posisi nomor tiga se kecamatan Banyuwanngi atau nomor urutan lima dari kelurahan se Kabupaten.

” Saya bersyukur, di masa saya dengan pak lurah ini, saya dengan tehnis dan mekanisme tersendiri mengupayakan sisi pajak PBB perkotaan saya tangani dengan maraton, alhasil pajak PBB perkotaan kenaikan pajaknya melejit. Berarti taraf perekonomian masyarakat Kelurahan Pakis sudah ada kenaikan pendapatan.” tambah Fathor.

Kelurahan pakis memiliki 7 lingkungan rukun warga (RW), dan 22 rukun tetangga (RT) lengkap dengan dunia pendidikan mulai dari TPQ, taman kanak-kanak (TK/ Paud), tingkat dasar SD, tingkat menengah MtS dan tingkat atas Aliah, serta obyek wisata Pantai Cemara. Semua perlu sentuhan partisipasi tangan pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa segi infrastruktur gedung sekolah. Dua gedung pendidikan SDN Pakis milik pemerintah dan milik swasta ada TPQ, TK/ Paud, SD, MTS dan Aliyah. (BUT).

Loading...