oleh

PGRI Banyuwangi Gelar Webinar “Bangkit Negeriku, Maju Negeriku”

SUARAMERDEKA.ID – Memperingati HUT Persatuan Guru RI ke-76 dan Hari Guru Nasional 2021, PGRI Banyuwangi menggelar webinar nasional tentang peningkatan kompetensi guru untuk penguatan karakter siswa, Selasa (16/11/2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pun hadir sebagai salah satu pembicara bareng nara sumber lain dari Kemendikbud Ristek, dan praktisi pendidikan.

“Selamat Hari Guru dan HUT PGRI untuk para guru. Terima kasih atas dedikasi yang tak kenal lelah untuk mencetak generasi berkualitas, berkarakter, dan berakhlak mulia. Guru adalah pelukis masa depan dan peradaban di Bumi Pertiwi, khususnya Banyuwangi. Terima kasih, untuk tetap berkarya di tengah semua kondisi seperti ini,” kata Ipuk saat membuka webinar, Selasa (16/11/2021).

Webinar bertajuk Bangkit Negeriku, Maju Negeriku ini diikuti 600 guru dari semua jenjang di bawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, mulai PAUD hingga SMP.

Baca Juga :  Kabupaten Wajo Launching Sistem Informasi Agenda Terpadu

Webinar ini menghadirkan sejumlah narasumber yang terdiri dari birokrat, akademisi, praktisi pendidikan, aktivis, hingga pengusaha.

Di antaranya, Analis Madya Pusat Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Rusprita Putri Utami; Pendidik Cerdas Berkarakter Kemdikbud Ristek, Indriani Fujianti; Fasilitator Nasional Program Roots Indonesia Isna Ni’matus Sholihah. Mereka akan sharing banyak hal untuk mendukung peningkatan kompetensi guru di Banyuwangi.

Dikatakan Ipuk, di masa pandemi ini guru dihadapkan pada permasalahan terkait pembelajaran daring. Guru harus beradaptasi dengan model pembelajaran digital.

“Ini adalah tantangan bagi kita semua. Banyak hal yang harus kita pecahkan bersama, tidak hanya masalah pembelajaran pelajaran, namun bagaimana karakter siswa tetap terjaga adalah PR kita semua juga,” kata Ipuk.

Baca Juga :  GPI Desak DPR Buat Pansus Covid-19, Jika Terbukti Presiden Terlibat Bisa Dimakzulkan

Pemkab Banyuwangi, kata Ipuk, saat ini terus berkomitmen untuk tetap menjadikan pendidikan sebagai prioritas utama pembangunan. Baik melalui kebijakan rekrutmen guru ASN, P3K, peningkatan kesejahteraan guru, maupun dukungan sarana prasarana pembelajaran di sekolah.

“Kami terus berkoordinasi dengan PGRI, khususnya terkait kebutuhan guru. Ini salah satu yang menjadi pertimbangan kami,” kata Ipuk.

Sementara, Ketua PGRI Banyuwangi Sudarman menjelaskan, webinar digelar selama dua hari, 16-17 November 2021. Kegiatan ini hasil kerjasama PGRI Banyuwangi bersama Agen Penguatan Karakter Kemdikbudristek Jatim.

“Alhamdulillah, pesertanya mencapai 600 guru. Mereka semua akan mengikuti webinar ini selama dua hari karena materinya menarik,” jelas Sudarman. (BUT).

Loading...

Baca Juga