oleh

BPTD Papua dan Papua Barat Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

SUARAMERDEKA.ID – Dalam memeriahkan hari Perhubungan Nasional ke 49, Instansi Kementerian Perhubungan di daerah melaksanakan Bhakti Sosial Donor Darah. Acara ini dikoordinir oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXV Provinsi Papua dan Papua Barat, dilaksanakan di Kantor Distrik Navigasi Sorong, Sabtu (14/9/2019).

Kepala BPTD Wilayah XXV Provinsi Papua dan Papua Barat Iman Sukandar MT selaku Koordinator Umum menyampaikan bahwa acara Donor Darah ini, bentuk wujud nyata kepedulian sosial Insan Perhubungan.

“Untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial kepada masyarakat yang membutuhkannya. Dan giat ini bekerjasama dengan Rumah Sakit Selebesolu dan Palang Merah Indonesia,” kata Iman Sukandar.

Widy staf perawat unit transfusi darah Rumah Sakit Selebesolu menambahkan bahwa jumlah pendonor sebanyak 52 peserta. Dari 52 peserta kesemuanya lolos untuk dilakukan pengambilan Donor Darah. Ia menjelaskan bahwa secara standar operasional prosedur, harus dilakukan cek tekanan darah. Setelah itu baru dilakukan pemeriksaan golongan darah dan selanjutnya pemeriksaan HB.

Baca Juga :  Semangat Harhubnas Bhakti Nyata Insan Perhubungan Bangun Bangsa

“Golongan darah tidak ada system kualifikasi tebang pilih dalam sisi penggolongan darah. Artinya golongan darah A, golongan darah B, golongan darah O dan seterusnya. Yang mana patut kita ketahui bahwa mungkin review ke rekognisi pembelajaran lampau, dimana dulu memang ada system residen (umum atau khusus-red). Tetapi untuk sekarang, golongan darah A tetap A, golongan darah B tetap B dan seterusnya. Ada dua jenis kantong penyimpan darah yang digunakan yaitu kantong penyimpanan darah 250cc dan 350cc,” ucap Widy. (OSB)

Loading...

Baca Juga