oleh

Baru Sebulan, Kapal Pesiar Aqua Blu Dikabarkan Kandas di Raja Ampat

SUARAMERDEKA.ID – Sebuah kapal pesiar mewah Aqua Blu dikabarkan kandas karena menabrak karang di kepulauan Wayag Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat, Rabu (18/12/2019).

Kabar kandasnya kapal pesiar dengan lambung baja ini disampaikan melalui akun facebook Charles Toto, Kamis (18/12/2019). Saat dikonfirmasi, Charles Toto membenarkan kejadian tersebut. Ia bahkan mengaku berada di lokasi dan melihat sendiri kapal pesiar Aqua Blu kandas.

“Iya benar, kemarin kami dari sana,” jelasnya.

Dalam akunnya, juru masak yang sejak tahun 1997 konsisten memperkenalkan makanan asli Papua ini mengaku kapal Aqua Blu kandas pada hari Rabu lalu.

“Kapal Perang Inggris yang di rubah jadi kapal Pesiar (Aqua Blu) dari kepulauan Komodo, kemarin tangal 18 Desember 2019 kemarin kandas diatas karang di kepulauan Wayag yang menjadi Destinasi kunjungan paling top di Raja Ampat semoga sudah di tarik keluar dan semoga hal ini tidak terulang lagi,” ujar Charles Toto.

Juru masak yang dijuluki Jungle Chef karena kerap berkeliling dari hutan ke hutan di Papua untuk memasak ini juga menduga kandasnya kapal tersebut karena kurang menguasai perairan di kepulauan Wayag. Menurutnya, seharusnya ada pendampingan dari warga setempat yang benar-benar menguasai perairan tersebut.

Baca Juga :  Hari Jadi NU Ke-94, Azis Syamsuddin Optimis Peran Aktif NU Persatukan Umat

“Kapal-kapal pesiar yang masuk di Obyek wisata di Raja Ampat harus butuh Pandu Laut yang kuasai perairan destinasi wisata,” tutur Charles Toto.

Pemilik rumah makan Papoea by Nature di kawasan Pakubuwono Blok M Jakarta Selatan ini berharap kejadian kapal kandas tidak terulang lagi. Pasalnya, wisatawan datang ke kepulauan Wayag untuk melihat kekayaan alam. Sedangkan kapal yang menabrak karang, pasti akan merusak kekayaan alam yang ada dan tak tergantikan tersebut.

“Semoga tidak ada kapal lain lagi merusak karang, karena kapal pesiar antar tamu untuk lihat karang dan species Biota laut lainnya,” imbuh Charles Toto.

Dalam facebooknya, Charles Toto juga menyertakan sebuah video yang menampilkan sebuah kapal yang sedang kandas.

Kapal pesiar mewah Aqua Blu adalah kapal pesiar berlambung baja eks kapal perang Inggris. Diluncurkan pertamakali di Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada bulan November 2019.

Dikutip dari kompas.com (21/11/2019) diluncurkannya Aqua Blu menambah alternatif baru bagi wisatawan yang ingin berlibur di Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo dengan menggunakan kapal pesiar.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Terjun Ke Laut, Temui Warga Sekitar Mansinam Beach

“Kehadiran Aqua Blu memberikan pilihan baru untuk aktivitas wisata bahari di Labuan Bajo dan Flores,” ujar Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores Shana Fatina, Selasa (19/11/2019).

Aqua Blu menjadi kapal eksplorasi Indonesia pertama dengan lambung baja yang menawarkan wisata bahari di Labuan Bajo. Kapal itu dioperasikan oleh 25 kru lokal yang sudah mendapatkan pelatihan khusus sesuai standar keselamatan dan keramahan.

Aqua Blu juga sudah menyiapkan rute menarik, yaitu Bali, Labuan Bajo, Maumere, Banda Neira, Ambon, Sorong, dan Waisai. Aqua Blu dikonsep sebagai Luxurious Yacht. Kapal mewah ini dilengkapi dengan sun deck, lounge dan bar, jacuzzi, hingga fasilitas spa. (HSG)

Loading...

Baca Juga