oleh

Lomba Hafidz Al Qur’an Warnai Dirgahayu RI Kelurahan Pakis

SUARAMEDEKA.ID – Kelurahan Pakis salah satu Kelurahan dari 18 Kelurahan di Kecamatan Banyuwangi, terletak ujung Selatan, 4 Km dari jatung Kota Gandrung, optimis melakukan kegiatan dalam rangka mempetingati HUT RI Ke 74 Tahun.

Kegiatan Dirgahayu RI yang dilakukan diantaranya lomaba bina lingkungan, Hafidz Al Qur’an, nasi tumpeng dan jalan sehat, diikuti 22 RT dari tujuh lingkungan rukun warga (RW) se Kelurahan Pakis.

Ketua Panitia Ilham Sujadmiko, Jum’at (16/8/2019) saat ditemui usai tasyakuran malam 17 Agustus di Balai Kelurah Pakis, membenarkan diri selaku ketua panitia tingkat kelurahan.

“Dan saya bersama team panitia melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka Dirgahayu RI ke 74. Kegiatan kita tidak banyak. Pertama, lomba hafidz Al Qur’an diikuti peserta dari tujuh lingkungan. Dengan team penanganan dari Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) dan IPNU – IPNU Kelurahan Pakis. Bertempat di Masjid Nur Yasin Fatimah ( NYF). Waktunya Minggu 18 Agustus,” jelas Panitia HUT RI ke 74 yang memiliki postur tubuh subur ini.

Ia melanjutkan, malam hari dilanjut penilaian lomba bina lingkungan sejumlah tujuh lingkungan serta lomba nasi tumpeng. Untuk jalan sehat dilakukan Minggu 25 Agustus mendatang, sekalian pembagian hadiah dari beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan.

Lomba Hafidz Al Qur'an Warnai Dirgahayu RI Kelurahan Pakis
Lurah Pakis. Imam Bukani

Secara terpisah Lurah Pakis, Imam Bukani, mengatakan kalau kegiatan ini dilakukan setiap HUT RI. Hanya saja tahun ini kegiatan Dirgahayu ada lomba bina lingkungan. Dengan adanya lomba lingkungan di tujuh lingkungan RW bertitik di salah satu RT yang layak dilombakan untuk lingkungan. Dan setelah penilaian, lingkungan yang dilombakan tetap dijaga dan dirawat, demi keindahan lingkungan bersama.

Baca Juga :  Eyang BJ Habibie Meninggal Dunia
Untuk tahun depan RW akan menunjuk RT lain untuk tempat lomba lingkungan. Artinya kalau setiap RW setiap tahun lomba lingkungan menunjuk RT yang belum dilombakan, dengan spasi jangka panjang lingkungan RW disetiap RT terlihat indah, asri dengan dijaga bersama.

“Demi terciptanya Banyuwangi Jenggirat Tangi, menuju ijo royo royo. Nanti harapan kami, Kelurahan Pakis menjadi salah satu Kelurahan di Kecamatan Banyuwangi, sebagai Kelurahan hijau dari lingkungan, asri segi tatanan bunga. Kita lestarikan perawatanya dari segi bina lingkungan,” terang mantan lurah Sumberrejo.

Lomba Hafidz Al Qur'an Warnai Dirgahayu RI Kelurahan Pakis
Siti Hanifah

Di lokasi penilaian bina lingkungan, suaramerdeka.id menemui Siti Hanifa salah satu Ibu RT yang ditunjuk RW Krajan, sebagai lokasi lomba bina lingkungan, Minggu (18/8/2019) pukul 19.00 WIB. Di tengah-tengah team juri penilaian di jalan Cendrawasih mengatakan kalau yang kita lakukan dalam lomba bina lingkungan dalam rangka Dirgahayu RI Ke 74. Penilaiannya dilihat dari menata hijaunisasi bunga dalam pot. Pengecatan pot serta pemasangan lampu penjor hias lingkungan dikerjakan bersama sama dengan warga.

“Alhamdulillah warga kita ringan tangan dalam keguyuban kerja bhakti lingkungan. Hingga tercipta lingkungan Krajan RT I, RW I yang indah. Walau tidak maksimal perubahanya, minimal suadah berubah. Ini merupakan keguyuban,” kata Eva, panggilan akrab Siti Hanifa.

Lebih lanjut Hanifa mengatakan kalau lomba ini menitikberatkan menang atau kalah dari sisi penilaian team juri. Ia berharap, lingkungan sudah yang cukup bagus, indah dan asri  ini dijaga dan dirawat bersama.

Baca Juga :  Warga Sumberagung Hadang Truk Logistik Tambang Emas Tumpang Pitu

“Karena mereformasi lingkungan sumber dana dari warga, untuk warga, dinikmati bersama hasil jerih payah warga dalam kekompakan kerja bhakti, dengan ujud bina lingkungan yang bersih, hijau, dihiasi lampu aneka warna di malam hari, ya minimal perawatanya maksimal agar bertahan kehidupan bunga dalam pot. Serta tida kata yang saya ucap selain ucapan terima kasih atas keguyuban warga dalam peran partisipasinya untuk lingkungan,” tambah Eva.

Rangkaian kegitan beberapa item di Bulan Agustus dalam rangka pasca Upacara 17 Agustus, yang di lakukan Kelurahan Pakis terdiri dari lomba bina lingkungan, lomba Hafidz Al Qur’an, dan nasi tumpeng serta jalan sehat 2 Km, Minggu 25 Agustus merupakan rangkaian klimaks kegitan, sekalian membagi door price dan hadiah utama jalan sehat, namun sebelumnya pembagian hadiah lomba bina lingkungan, lomba hafidz Al Qur’an dan nasi tumpeng. (BUT)

Loading...

Baca Juga