oleh

Kepala Kemenag SBT Minta Peran TPQ Dihidupkan Untuk Pendalaman Al-Qur’an

SUARAMERDEKA.ID, BULA – TPQ Qalbun Salim Desa limumir Kecamatan Bula Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melaksanakan Khotmil Qur’an dengan tema “Jadikan Al-Qur’an sebagai sahabat dunia dan akhirat” yang berlangsung di AULA Kemenag SBT Selasa (20/2/2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini kepala Kemenag SBT, M. Jen Tapinalan S.Hi, Anggota DPRD SBT Husen Rumadan, Camat Kecamatan Siritaun Wida Timur, Kepala Negeri Administratif Kampung Wailola dan Kepala Negeri Administratif Limumir.

Saat menyampaikan sambutanya, M. Jen Tapinalan, mengatakan bahwa, khatamal Qur’an adalah suatu bentuk apresiasi kepada siswa karena telah membaca Al-Qur’an dan berharap siswa siswi dapat terus membaca dan mempelajarinya.

Menurutnya, Kahatamal Qur’an bukan sekedar kegiatan seremonial, tetapi bertujuan agar anak-anak semakin memahami dan juga mengamalkan isi Al-Qur’an sepanjang waktu.

Baca Juga :  Dinsos PPKB Banyuwangi Gelar Sosialisasi Ponpes Ramah Anak

“Para santri/santriwati dari TPQ Qalbun Salim harus tetap terus mengamalkan isi Al-Qur’an sepanjang waktu” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan kahatamal Qur’an adalah sebuah tradisi dari para leluhur sejak dulu yang saat ini hampir hilang, sering dengan perkembangan zaman saat ini banyak kegiatan khatamal Qur’an dilaksanakan dengan nama wisuda padahal sebutan khatamal Qur’an lebih bermakna ketimbang penyebutan wisuda.

Dirinya juga mengajak kepada umat Islam terutama para orang tua agar senantiasa mendidik dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an kepada anak sejak dini, dan selalu menghidupkan bacaan Al-Qur’an baik dirumah dimasjid maupun dimana saja.

Iya juga mengatakan kebahagiaan yang tidak mampu diukur dengan sesuatu apapun dari orang tua, ketika anaknya tau membaca Al-Qur’an dan bisa menghatamkannya.

Baca Juga :  Kelurahan Pakis Masuk Urutan Tiga Setor PBB Perkotaan se Kabupaten Banyuwangi

“Saat ini orang lebih sibuk dengan melihat dan membaca status di watshap, facebook, Twitter dll, ketimbang membaca Al-Qur’an padahal Al-Qur’an adalah sebuah kitab suci yang tidak ada tandingannya dari semua kitab suci”. Tegasnya.

Di kesempatan itu dirinya juga mengatakan akan meminta jajarannya untuk terus mengawal dan akan membantu, terkait kebijakan pada program pembinaan agama baik itu TPQ maupun program pembinaan lainnya. (AMR).

Loading...