oleh

Fraksi Nasdem Pilih Hati-Hati Dalam Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu

SUARAMERDEKA.ID – Fraksi Nasdem DPR RI memilih untuk berhati-hati dalam menyatakan sikap untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemilu 2019. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Fraksi Nasdem, Zulfan Lindan dalam pembukaan FGD Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 di Jakarta, Kamis (20/6/2019).

“Kita memperhatikan perkembangan isu atas persoalan pemilu 2019, dari mulai berbagai akademisi hingga Presiden pun sudah memberikan pandangannya. Fraksi Nasdem di DPR pun demikian. Hingga saat ini terus melakukan kajian secara matang, dan akan mengedepankan aspek kehati-hatian,” terangnya.

Zulfan menegaskan, bahwa aspek kehati-hatian tersebut tidak hanya berkaitan dengan pensikapan fenomena. Tetapi mencakup sistem hingga dampak yang muncul dari sistem tersebut.

“Jangan karena melihat beberapa efek negatif. Kemudian evaluasi dilakukan dengan langsung mengatakan bahwa penyelenggaraan pemilu serentak tersebut buruk. Kita harus melihat faktornya secara detail dan komprehensif,” ungkapnya.

Lanjut Zulfan, evaluasi tidak boleh reaksioner. Justru kelemahan pemilihan legislatif yang muncul selama ini harus diinventarisir, digali secara ketentuan hukum maupun teknisnya. Sehingga mampu menjadi evaluasi yang membangun. (OSY)

Loading...

Baca Juga