oleh

Kenangan di Laboratorium Samaun Samadikun

Kenangan di Laboratorium Samaun Samadikun. Oleh: I Wayan Budiartawan, Penulis Buku.

Stanford University menganugerahkan gelar S3 kepada Samaun Samadikun. Putra gubernur pertama Jawa Timur ini sangat cerdas. Lahir di Magetan pada tahun 1931 dan wafat tahun 2006. Dimakamkan di Makam Taman Pahlawan Kalibata, Jakarta. Guru besar Teknik Elektro ITB ini telah lama berpulang.

Bapak Mikroelektronika di Indonesia. Gelar ini pantas dipersembahkan teruntuk Samaun Samadikun. Dosen ITB, pejabat serta teknokrat terkemuka di tanah air ini berjasa pada negara. Pusat penelitian mikroelektronika ITB berkembang semasa hidup orang penting ini. Suami yang bahagia. Bapak anak-anak yang berbakti. Cucu-cucu yang manis.  Namun, Sang Pencipta menentukan umur hidup seseorang.

Samaun Samadikun dosen yang dikagumi mahasiswa/i ITB kala itu.Selain mengajar elektronika, dosen hebat ini juga seorang pamong pemerintah. Banyak bimbingannya yang sukses. Indonesia membangun industri elektronika untuk dijadikan komoditi ekspor. Samaun Samadikun seorang pakar elektronika. Pelaku industri elektronika di lapangan mengenalnya.

Laboratorium Samaun Samadikun selalu ramai ketika itu. Mahasiswa/i merancang rangkaian elektronika di laboratorium ini. Setelah kuliah panggilan kerja menunggu. Perusahaan swasta dan BUMN perlu banyak tenaga kerja dari teknik elektro. Samaun Samadikun orang besar abad ini di bumi persada nusantara.

Loading...

Baca Juga