oleh

Menara Jakarta Islamic Centre Miring Berhasil Diperbaiki

SUARAMERDEKA – Menara Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), yang berada di jl. Kramat Jaya Koja Jakarta Utara. Yang miring karena kerosi, berhasil diperbaiki oleh komunitas Jagat Mengaji. Kata Ahmad Juhandi Kepala Sekretariat Jakarta Islamic Centre (14/02/2019).

“Menara masjid Jakarta Islamaic Centre, yang tingginya 114 m mencerminkan jumlah surat dalam al Quran. Ujung menaranya, atau disebut makara mengalami korosi pada tiang penyangganya. Ada delapan tiang penyangga makara, dan empat tiang mengalami korosi. Sedangkan yang masih kokoh hanya dua tiang. Sehingga makara tidak bisa tegak, dan kalau dilihat dari bawah kelihatannya miring. Kasus ini terjadi sejak Februari 2018” jelasnya.

Ahmad juga menjelaskan, bahwa sekretriat JIC sudah melaporkan ke pihak-pihak terkait agar makara yang rusak bisa diperbaiki segera sebab bila jatuh sangat membahayakan orang yang ada di bawahnya karena posisinya tidak jauh dari jalan raya. Upaya penganggaran sudah dilakukan tapi masih mengalami berbagai kendala.

Awalnya Komunitas Jagat Mengaji melaksanakan kegiatan takblig akbar di JIC. Kemudian melihat menara masjid yang miring. Maka mereka merasa prihatin dan takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maka mereka menyepakati untuk membantu bagaimana agar menara tersebut bagus lagi. Mereka berencana menggalang dana untuk perbaikan menara tersebut.

“Komunitas Jagat Mengaji melakukan penggalangan dana kepada jamaah melalui media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Selain itu, pendanaan juga patungan dari komunitas, dana talangan, dana dari kenclengan kajian di Masjid Salman, Masjid Astra, Masjid Syuhada, donasi melalui medsos ke rekening Yayasan Jagat Mengaji dan lainnya” jelas Rezky.

Selain itu, Komunitas Jagat Mengaji juga berencana mempercantik menara tersebut. tetapi untuk sementara mereka mendahulukan untuk memperbaiki kubah masjid yang bocor dibeberapa titik. Sehingga kalau ada hujan membuat para jamaah menjadi kurang nyaman.

“Sebenarnya setelah selesai memperbaiki makara menara masjid kita akan mempercantik menara tersebut dengan mengecat ulang, memberi sentuhan lampu-lampu hias, memperindah sekitar menara. Tetapi karena ada yang lebih penting yang akan kita bantu yaitu perbaikan kubah masjid JIC yang bocor di beberapa titik yang harus segera diperbaiki agar jamaah bisa nyaman dalam ibadah terutama ketika hujan turun” tambah rizky.

Sementara itu, Kepala Badan Managemen Jakarta Islamic Centre, KH Ahmad Shodri menuturkan. “Kami sangat berterimakasih atas kepedulian dan bantuan dari komunitas Jagat Mengaji. Berkat bantuannya menara bisa bagus lagi. Sehingga keamanan dan kenyamanan jamaah terjamin. Semoga kerjasama selanjutnya bisa berkesinambungan. Demi kemakmuran masjid JIC.” tutupnya. (ECR)

Loading...

Baca Juga